cover
Contact Name
Supandi
Contact Email
jurnalofeducationpartner@gmail.com
Phone
+62818572332
Journal Mail Official
jurnalofeducationpartner@gmail.com
Editorial Address
Jl. Segera No. 198B (Belakang SDN Jungcangcang III) PMK
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal of Education Partner
ISSN : 28100689     EISSN : 28098846     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The journal of education partner published an article on the theme of education, using the language of Indonesia or the United Kingdom that includes the study of literature, conceptual thinking and research results in the field of education. These journals give priority to studies related to Islamic thought and education from different perspectives. This journal serves as a means and medium of communication that is used by researchers, lecturers, teachers, students, and practitioners to examine education and Islamic thought. This journal became the medium of exchange of ideas and research findings from various traditions of interacting learning scientifically.
Articles 44 Documents
PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN LARANGAN BADUNG 1 PALENGAAN PAMEKASAN Ahmad Mahfudz; Ahmadi; Moh. Soheh; Ummu Kulsum
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah Dasar Negeri (SDN) merupakan sekolah formal-umum. materi pelajarannya lebih didominasi oleh materi umum sementara agama islam hanya 4 jam perminggu. Hal ini berimplikasi terhadap cara pandang siswa lebih pragmatis dan jauh dari nilai-nilai agama islam, termasuk dalam motivasi belajar. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengkaji peran guru agama islam dalam memotivasi siswa SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan. SDN tersebut merupakan salah satu SDN favorit dan Induk. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan penyajian diskriptif. Pisau analisis penelitian ini menggunakan teori Harun Nasution tentang agama dan teori Watson tentang stimulus dan respon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi SDN Larangan Badung 1 tidak terlepas dari peran guru agama Islam yang tidak kenal lebih memberikan motivasi. Keberhasilan motivasi yang dilakukannya ditunjukkan dengan semangat belajar siswa serta cara pandang siswa tentang belajar yang lebih terobsesi nilai-nilai agama islam. Kendati demikian, masih saja ada hambatan yang dihadapi oleh guru agama, sehingga dirinya perlu melakukan kerja sama dengan wali siswa agar ikut serta mengawasi prilaku siswa di rumah.
PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsS ASH-SHIDDIQI KELURAHAN KOWEL PAMEKASAN Kurratul Aini; Farida Suharnanik
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara kelembagaan, madrasah tsanawiyah merupakan bagian dari Lembaga Pendidikan formal ditingkat menengah pertama yang setara dengan sekolah menengah pertama (SMP) namun berada pada koordinasi dengan kementerian Agama (Kemenag), sementara SMP berada pada koordinasi Kemendikbud. Problematika Pendidikan di lapangan pada hakekatnya sama, karena sama-sama Lembaga Pendidikan, seperti problem pengelolaan, problem SDM, problem sarana dan kurikulum dsb, oleh karena itu, untuk bisa mengatasi problematika tersebut dan memperoleh kemajuan Lembaga Pendidikan, maka tidak bisa dilakukan sendiri oleh Lembaga madrasah, mereka harus bergerak Bersama dengan komite madrasah untuk membangun madrasah agar lebih maju sesuai dengan yang dicita-citakan bersama. Oleh karena itu penelitian ini menjadi menarik manakala peran keterlibatan komite madrasah ini ditelisik untuk mengetahui sejauh mana ketelibatan mereka dalam memerankan diri demi untuk kemajuan madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis, adapun informan dalam penelitian ini adalah komite madrasah dan informan yang peneliti anggap memiliki keterkaitan dengan penelitian ini, sedangkan lokus penelitian ini peneliti fokuskan kepada Lembaga MTsS Ash-Shiddiqi di Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan 2021-2022. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan komite madrasah masih belum maksimal, karena mereka masih belum memahami betul tugas dan fungsinya komite madrasah, masih beranggapan sebagai sarana pelengkap (tukang stampel, menyebarkan undangan, mencari murid dsb). oleh karena itu, kepada semua pihak dan pemangku kebijakan, pemberdayaan komite madrasa ini perlu untuk lakukan agar mereka faham dan berdaya dalam menjalankan tugas komite madrasah yang pada akhirnya akan berakibat kepada kemajuan Lembaga madrasah.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK GAME EDUKASI DALAM MENDUKUNG PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH DI ERA PANDEMI COVID 19 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN musayyadah musayyadah; Sofiatun Maimunah; Norma Gupita
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya perkembangan kognitif pada anak disebabkan karena kurangnya ketertarikan anak dalam proses pembelajaran selama masa pandemi covid 19. Riset ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa game edukasi atau media pembelajaran yang layak serta efektif untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Dick & Carry. jumlah siswa yang diteliti sebanyak 15 anak. Data diperoleh dari hasil metode observasi, wawancara, angket, dokumentasi, uji validasi ahli media dan materi, serta uji kelompok kecil & besar. Hasil penelitian memperoleh data 97,2 % dari ahli media dan materi, 86,6% dari uji kelompok kecil yang dilakukan pada 6 anak, dan 98,7 hasil uji kelompok besar yang dilakukan pada 15 anak. Total keseluruhan memperoleh 94,1%. Mengacu pada Akbar & Sriwijaya, 2011 hasil klasifikasi 86-100 tergolong dalamkategori sangat valid dan dapat digunakan. Sehingga dapat dikatakan media game edukasi layak digunakan sebagai media pembelajaran.
PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM SUMBER TAMAN BANYUPELLE PALENGAAN PAMEKASAN Maimun Maimun; Abdul Munib; Abd Haris
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan pelaku utama dalam penerapan program pendidikan di sekolah dalam pencapai tujuan pendidikan, bahkan guru sangat berperan dalam menanggulangi kenakalan siswa. Salah satu guru yang yang sangat penting dalam menanggulangi kenakalan siswa adalah guru aqidah akhlak karena langsung mengerjakan tata cara berprilaku yang baik sesuai dengan norma dan nilai yang ada baik di sekolah maupun di luar sekolah. Fokus yang menjadi kajian utama pada penelitian ini ada dua, yaitu 1) Bagaimana peran guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sumber Taman, 2) Apa saja upaya yang dilakukan guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sumber Taman. Dalam penelitian ini penelitian menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan jenis penelitian fenomenologis, dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru aqidah ahklak, kepala Madrasah dan sebagian siswa. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat peneliti paparkan: 1) peran guru aqidah akhlak dalam menaggulangi kenakalan siswa adalah guru menegur, penaseati, dan memberikan konseling, motivator dan direktor. 2) upaya yang dilakukan guru dalam menanggulangi kenakalan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sumber Taman adalah: 1) Preventif atau mencegah kenakalan siswa agar jangan sampai terjadi kenakalan yang sama dengan siswa lainnya, 2) Kuratif yaitu memperbaiki akibat perbuatan nakal atau menyembuhkan terhadap kenakalan siswa.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMP MIFTAHUL ULUM AS SU’UDIYAH KADUR PAMEKASAN Nur Ainy; Atnawi Atnawi; Syafrawi Syafrawi
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya kesenjangan antara tujuan penerapan model pembelajaran dengan kondisi di dalam kelas dan menyebabkan motivasi belajar peserta didik juga tidak begitu terlihat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh penerapan model pembelajaran example non examples terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Miftahul Ulum As Su’udiyah, 2) Seberapa besar pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tekhnis analisis data menggunakan rumus product momemt. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik sekolah yang berjumlah 50 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 0,56. Untuk membuktikan hipotesis yang telah diajukan, maka r kerja di bandingan dengan r tabel dengan df=51-2=49 pada taraf signifikakasi 0,05 dipeoleh nilai 0,281 dan pada taraf signifikasi 0,01 diperoleh nilai0,364. Ternyata r kerja > r tabel baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh, r kerja=0,56 dikonsultasikan pada pedoman tabel interpretasi yang telah ada, dan ternyata terletak antara 0,40-0,70 dengan interpretasi sedang atau cukup. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran example non example berpengaruh cukup atau sedang terhadap motivasi belajara pada mata pelajaran PAI di SMP Miftahul Ulum Pamoroh Kadur Pamekasan.
EFEKTIVITAS PENGAJIAN BABUSSALAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PEMUDA DI DESA RABASAN CAMPLONG SAMPANG Sulaiman; Mudassir; Siti Holifah
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengajian babussalam merupakan kegiatan Islami yang diadakan oleh masyarakat desa Rabasan dalam meingkatkan akhlak pemuda di desa Rabasan Camplong Sampang Ada dua fokus penelitian dalam penelitian ini: 1) Bagaimana efektifitas pengajian babussalam dalam meningkatkan akhlak pemuda di desa Rabasan Camplong Sampang Tahun 2020?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat efektifitas pengajian babussalam dalam meningkatkan akhlak pemuda di desa Rabasan Camplong Sampang Tahun 2020?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metodenya menggunakan deskripstif. Data yang diperoleh peneliti dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis secara menyeluruh, kemudian data yang diperoleh dicek keabsahannya dengan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci dan trianggulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Efektifitas pengajian babussalam dalam meningkatkan akhlak pemuda di desa Rabasan Camplong Sampang Tahun 2020 benar-benar efektif dan sudah maksimal diterapkan. 2) Faktor pendukung dan penghambat efektifitas pengajian babussalam dalam meningkatkan akhlak pemuda di desa Rabasan Camplong Sampang Tahun 2020, diantara faktor pendukung: Dukungan dari para tokoh agama, masyarakat dan orang tua terhadap pengajian babussalam, kepala desa dan perangkat desa ikut andil dalam pengajian babussalam,. Sedangkan faktor penghambatnya: Kurangnya kesadaran diri para pemuda terhadap pengajian babussalam, para pemuda sulit membagi waktu karena pekerjaan, dan tidak adanya sarana dan prasarana.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 1 PAMEKASAN faikotur; Syamsul Rijal
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era modernisasi seperti sekarang ini pendidikan sangat diperlukan bagi kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dan tidak menggantungkan hidupnya dengan orang lain, oleh karena itu, guru sebagai salah satu unsur yang penting dalam proses pendidikan harus mampu memberikan yang terbaik bagi siswa selaku sebagai uswatun hasanah bagi mereka.Guru juga mempunyai peranan penting untuk menentukan keberhasilan pendidikan, karena guru harus bisa membangkitkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini ada dua permasalahan 1) Adakah pengaruh penerapan strategi Think Talk Write terhadap peningkatan prestasi belajr siswa? 2) Seberapa besar pengaruh penerapan strategi Think Talk Write terhadap peningkatan prestasi belajar siswa?. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Dan subject penelitian ini menggunkana sample yaitu siswa MTs Negeri 1 Pamekasan sebanyak 28 orang. Instrumen primer yang digunakan data adalah angket sedangkan dokumentasi sebagai instrument sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan, Dengan kata lain, Prestasi Belajar Siswa semakin meningkat dengan adanya penerapan strategi Think Talk Write dalam proses KBM. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa r-kerja 0.326 lebih besar dari harga kritik product moment, baik pada interval kepercayaan 95% maupun pada interval kepercayaan 99%. Dan r-kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi berada pada interval 0,20 sampai dengan 0,40 dengan nilai interpretasi Rendah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka terdapat pengaruh penerapan strategi Think Talk Write terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs AS-SALAFIYAH PAKONG PAMEKASAN Mustafidatul; Abdullah
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

One of the learning media that can improve student learning outcomes is Flip Chart media that can affect student learning outcomes, thus, then there are two formulations in this study, first is the influence of Flip Chart media use on student learning outcomes?, second how much influence does the use of Flip Chart media have on student learning outcomes? In this study, researchers used a quantitative approach, with statistical data analysis, this study is a correlation study using the Formula Product Moment. The subjects in this study were students at madrasah Tsanawiyah As-Salafiyah who were sampled with a total of 21 students, while the method of data collection was a method of questionnaire, interview, observation and documentation. The results showed that: 1). There is an Influence on the Use of Flip Chart Learning Media On The Learning Outcomes of MTs As-Salafiyah Students Source Duko Pakong Pamekasan. This is evidenced by the results of the product moment calculation, that the work "r" is greater than the "r" price of criticism which is 0.75>0.432 at a significant level of 5% and 0.549 at a significant level of 1%. 2). The Use of Flip Chart Learning Media Against Student Learning Outcomes of Class VIII Fiqh Subjects in MTs As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan has a high/ strong level of influence. Based on the results of research on the table of interpretation r product moment known "r" work of 0.75 turned out to be between the range of values 0.70-0.90 with high interpretation/ strong.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMPN 8 PAMEKASAN Rosa Agustina Sari Rosa; Ach. Sya'roni
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

There are two issues that are the main studies in this study, first, Is the Effect of The Application of The Strategy of Learning To Student Learning On The Motivation of Learning Students in The Subjects of Islamic Religious Education in SMPN 8 Pamekasan?, secondly How Much Influence of Modeling Learning Strategies On Student Learning Motivation Of Islamic Religious Education Subjects in SMPN 8 Pamekasan. This research approach uses a quantitative approach, with a correlational type. The instruments used in data collection are questionnaires, interviews, observations and documentation. The results showed that: 1). There is an effect of The Application of Modeling Learning Strategies On Student Learning Motivation Of Islamic Religious Education Subjects in SMPN 8 Pamekasan. This is evident from the results of the analysis of data obtained at 0.87 out of 30 samples. This figure turns out to be greater than the price of the "r" product moment table criticism in both the 5% and 1% confidence intervals where N-nr = 30-2 = 28 is obtained values of 0.399 at the signification level of 5% and 0.497 at the signification level of 1%. 2) The Effect of The Application of Modeling Learning Strategies On Student Learning Motivation Of Islamic Religious Education Subjects in SMPN 8 Pamekasan belongs to the high category. This shows that the Effect of Applying Modeling Learning Strategies on Student Learning Motivation in SMPN 8 Pamekasan is in the range of numbers between 0.70 to 0.90 with high categories. Based on the results of the above research, the Application of Modeling Learning Strategies against Student Learning Motivation of Islamic Religious Education Subjects in SMPN 8 Pamekasan is the right way to get overall and individual class participation.
PENGARUH PENERAPAN KOMUNIKASI EDUKATIF GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL WUJUD SOTABAR PASEAN PAMEKASAN Aisyatur; Moh Afiful Khair
Journal of Education Partner Vol. 1 No. 2 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE
Publisher : Dewan Pendidikan Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penataan komunikasi edukatif adalah pengelolaan model hubungan guru dengan peserta didik di dalam kelas saat penyampaian materi pelajaran melalui komunikasi yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Namun demikian, kenyataan di sekolah sering menunjukkan bahwa komunikasi antara guru dan siswa masih relatif kurang, sehingga mengganggu tercapainya kualitas pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh penerapan komunikasi edukatif guru terhadap kualitas pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Nurul Wujud? 2) Seberapa besar pengaruh penerapan komunikasi edukatif guru terhadap kualitas pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan? Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan didesain sebagai penelitian “survei-korelasional” yang bersifat ex post facto. Sumber datanya adalah siswa MA Nurul Wujud sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah product moment. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif penerapan komunikasi edukatif guru terhadap kualitas pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan. Hal ini diketahui melalui rumusproduct moment, bahwa nilai rkerja = 0,726. Kemudian setelah membandingkan antara rkerja dengan rtabel harga kritik diketahui bahwa ternyata rkerja lebih besar daripada rtabel harga kritik, baik pada taraf signifikansi 5%, yaitu 0,786> 0,396 maupun pada taraf signifikansi 1%, yaitu 0,786> 0,505. 2) Penerapan komunikasi edukatif guru memiliki pengaruh yang cukup terhadap kualitas pembelajaran siswa di MA Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan. Besaran tingkat pengaruh ini diketahui berdasarkan rkerja sebesar 0,786 ternyata bergerak di antara rentangan nilai 0,600 sampai 0,800.