Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 1 (2013): Januari

Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Antara Yang Menggunakan Metode Student Teams Achievement Division Dengan Teams Games Tournament: Penelitian dilakukan di MTs. Al-Mu’amalah

Nurhaeni, Komala (Unknown)
Basuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2013

Abstract

This study uses two models of learning that is student teams' achievement division and teams' games tournament method. Research conducted a experimental study. Learning with this learning method directs students to be able to solve mathematical problems. The purpose of this study was to determine differences in mathematical problem-solving skills among students who received student teams' achievement division and teams' games tournament method is haven’t better enough significance then between two methods. After doing a pretest and posttest and using a significance level of 5% can be concluded that the mathematical problem-solving ability of students who received student teams' achievement division method is no better than teams' games tournament. Penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yaitu metode student teams achievement division dan teams games tournament. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuasi eksperimen. Pembelajaran dengan metode pembelajaran ini mengarahkan siswa untuk mampu memecahkan masalah matematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara yang menggunakan metode student teams achievement division dengan teams games tournament. Setelah melakukan pretest dan postest dan menggunakan taraf signifikansi 5% dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mendapat metode student teams' achievement division dengan teams game tournament tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...