Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2013): Mei

Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Stad Dengan Siswa Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Jigsaw

Wahyudi, Tri (Unknown)
Rahadi, Moersetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2013

Abstract

This study aimed to determine differences in mathematical problem-solving ability of students through the implementation of STAD method with students who use the jigsaw learning method . The method used in this study is an experimental method with two groups of students , the experimental group 1 is the group of students who use STAD model and experimental group 2 the group of students who use the learning jigsaw . This research was conducted in the SMPN 1 Tarogong Kidul eighth grade second semester of the school year 2012/2013 , The instrument used in this study is shaped Written test descriptions and Likert scale questionnaire . Based on the research results , using the model of learning and jigsaw better than good enough student activity STAD. Involvement of the student in learning the model jigsaw get visible when the expert group discussions. Learning jigsaw model in the beginning to get a pretty good response for high ability students, but for students who are less capable, less response. But it can be solved by making changes in teaching materials packaging. Judging from the average final test, the average of experiment 1 at 64.22 and experiment 2 at 77.46 then, it can be concluded that the mathematical problem-solving ability of students who get the jigsaw learning model is better than the students who received STAD. Calculation results of the Likert scale questionnaire found that the average agreement in the experimental group 1 was 64 % (mostly), and the mean approval in the experimental group 2 was 67 % (mostly). From the data it can be seen that the average student in the experimental class 2 response to better mathematics learning and application of learning models used. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan metode pembelajaran STAD dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan dua kelompok siswa, sebagai kelompok eksperimen 1 yaitu kelompok siswa yang menggunakan model STAD dan kelompok eksperimen 2 yaitu kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tarogong Kidul kelas VIII semester dua tahun ajaran 2012/2013, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes tulis berbentuk uraian dan Angket skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran yang menggunakan model jigsaw lebih baik dan keaktifan siswa cukup baik dibandingkan pembelajaran STAD. Keaktifan siswa pada pembelajaran yang mendapatkan model jigsaw terlihat ketika kegiatan diskusi pada kelompok ahli. Pembelajaran dengan model jigsaw pada awalnya mendapatkan respon yang cukup baik bagi siswa yang kemampuannya tinggi, namun bagi siswa yang kemampuannya kurang, responnya kurang. Namun hal itu dapat diatasi dengan melakukan perubahan pada pengemasan materi ajar. Dilihat dari rata-rata tes akhir, rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 64,22 dan kelas eksperimen 2 sebesar 77,46 maka, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran jigsaw lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran STAD. Dari hasi perhitungan angket skala likert, diperoleh bahwa rerata persetujuan pada kelompok eksperimen 1 adalah 64% (sebagian besar), dan rerata persetujuan pada kelompok eksperimen 2 adalah 67% (sebagian besar). Dari data rerata tersebut dapat diketahui siswa pada kelas eksperimen 2 lebih baik responnya terhadap pembelajaran matematika dan penerapan model pembelajaran yang digunakan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...