INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 6 No 2 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Bahaya Perjudian Online Menggunakan Animasi 2D Dan Penerimaannya Menggunakan UTAUT

Rainal Agus Setiawan (Universitas Internasional Batam)
Jimmy Pratama (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Pada saat ini, perkembangan teknologi sudah tidak dapat dihindari. Apalagi perkembangan teknologi dalam media pembelajaran yang berperan penting dalam mengedukasi masyarakat. Salah satunya adalah media pembelajaran dengan video animasi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi 2 dimensi tentang bahaya judi online terhadap remaja yang berada di Kota Batam. Penulis menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam perancangan video animasi 2 dimensi. Penulis juga, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form dengan total 400 responden. Untuk model pengukuran, mengkonfirmasi bahwa seluruh nilai outer loading >0.65. Nilai CR berkisar 0.839 sampai 0.877. Nilai AVE diantara 0.597 sampai dengan 0.692. Oleh karena itu, validitas konvergen telah terpenuhi dalam studi kasus ini. Untuk validitas diskriminan juga telah terpenuhi. Hasil penelitian pada model struktural menegaskan bahwa Hedonic Motivation (HM) memiliki pengaruh paling kuat, diikuti oleh Effort Expectancy (EE), dan Students' Innovativeness (SINN) secara berurutan.

Copyrights © 2023