INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 3 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Widuri Widuri (STKIP Al Maksum Langkat)
Ade Evi Fatimah (STKIP Al Maksum Langkat)
Azrina Purba (STKIP Al Maksum Langkat)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah minimnya ketersediaan media pembelajaran yang menarik dan variatif dalam menunjang proses pembelajaran komputer dan jaringan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4-D (Four D model). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Swasta Muhammad Yaasiin dan objek pada penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning menggunakan aplikasi canva dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh persentase validitas pengembangan media sebesar “97,3%” dari Ahli Media, “90%” dari Ahli Materi, dan 92% dari Ahli Bahasa yang berada pada kriteria “sangat layak”. Hasil respon siswa terhadap media diperoleh persentase “90,4%” dengan kriteria “sangat baik”. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil persentase nilai pretest sebesar “62,11%” dan posttest sebesar “85,19%”. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan valid dan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Swasta Muhammad Yaasiin.

Copyrights © 2024