Permasalahan pada penelitian ini adalah emisi gas buang berbahaya yang dihasikan oleh kendaraan. Pada penelitian ini penulis akan melakukan penelitian kwalitas coil standar dengan coil merk X dengan metode gas emission analysis yaitu konsumsi bahan bakar, kadar gas buang CO dan kadar gas buang HC dengan tiga variable Rpm yaitu 1000, 4000, dan 7000, supaya masyarakat tahu bahwa penggunaan coil untuk kendaraan tidak melihat dari sisi harga, namun harus mempertimbangkan dampak polusi yang dihasilkan oleh kendaraan. Penggunaan kendaraan roda empat banyak peminat dari masyarakat, karena mobilitas kegiatan dapat terbantu oleh kendaraan. Namun hal tersebut mengakibatkan polusi udara semakin terganggu karena banyaknya kendaraan yang mengeluarkan gas yang berpotensi merusak keasrian udara. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan konsumsi bahan bakar, serta menurunkan kadar CO dan HC pada gas buang kendaraan. Efektifitas dan kinerja pengapian sangat berpengaruh pada performa mesin, selain bahan bakar dengan kwalitas yang baik, penggunaan coil standar dan coil merk X ini ternyata jauh berbeda kwalitasnya, terutama pada konsumsi bahan bakar dengan selisih 19,6% pada putaran tinggi yaitu 7000 Rpm. Selain itu emisi gas buang sudah diatur oleh pemerintah supaya kadarnya harus diminimalisir, karena berbahaya bagi kesehatan juga lingkungan, kadar gas CO. Pada penelitian ini persentase antara coil standar dan coil merk X di angka 60% pada saat 1000 Rpm. Penelitan selanjutnya mengenai gas buang HC juga sangat berbahaya, dimana persentase antara coil standar dan coil merk X juga sangat segnifikan yaitu 26% sengan selisih 138 ppm.
Copyrights © 2024