Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi Budaya Kerja Industri 5R di SMK Taruna Bhakti melalui pendekatan penelitian tindakan. Metode yang digunakan ialah dengan pendekatan tindakan yang melibatkan 60 siswa, program pengenalan konsep 5R dilaksanakan dengan metode interaktif, studi kasus, dan simulasi praktis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari 50% menjadi 85%, dengan perubahan positif dalam sikap dan perilaku terkait 5R. Metode pembelajaran, seperti diskusi kelompok dan simulasi praktis, terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa. Hasil temuan mendukung hipotesis bahwa metode pembelajaran interaktif dapat merubah pemahaman dan perilaku siswa terkait konsep 5R. Kesimpulannya, program ini memberikan dasar untuk pengembangan lebih lanjut pendidikan kejuruan yang holistik dan relevan dengan tuntutan industri. Penerapan konsep 5R di lingkungan pendidikan menjadi krusial untuk membentuk karakter siswa dan meningkatkan persiapan mereka menghadapi dunia industri. Oleh karena itu, hasil pengabdian ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan dan menyiapkan siswa menjadi calon tenaga kerja yang siap bersaing.
Copyrights © 2023