Indonesian Journal of Elementary School
Vol 4, No 1 (2024): MEI 2024

Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali

warsiti, Warsiti (Unknown)
Agustini, Ferina (Unknown)
Handayani, Diana Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS masih kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental bentuk one group pretest-posttest. Hasil penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata untuk pretest sebesar 55,45, sedangkan untuk posttest sebesar 83,18. Setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh sig (2-tailed)<0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran project based learning.  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning  efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...