Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung menggunakan metode menjelaskan dan kurangnya ketersedian media disekolah. Tujuan 1) mengembangkan media Pop-Up Book pada materi pembelajaran tematik Tema 8 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 s.d 6 kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and Development (RD). Model pengembangan digunakan oleh peneliti adalah model Brog and Gall. Sampel yang diambil yaitu 17 peserta didik kelas V SD Negeri 2 Penawangan. Data penelitian ini diperoleh melalui studi dokumen, wawancara, angket validasi, materi, dan media serta angket respon guru dan siswa kelas V. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan 86% dengan kategori sangat baik dan hasil validasi ahli materi ada dua tahap yaitu tahap pertama mendapatkan 81% sedangkan tahap kedua mendapatkan 85% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada hasil uji coba lapangan, hasil respon guru ada dua tahap yaitu tahap pertama dan tahap kedua meperoleh 82% dengan kategori sangat baik dan hasil respon peserta didik mendapatkan skor presentase 90% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book pada materi pembelajaran tematik ini terbukti valid dan dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran kelas V SD.
Copyrights © 2024