Indonesian Journal of Elementary School
Vol 4, No 1 (2024): MEI 2024

Pengmbangan Media Pop-Up Pada Tema 8 Sub Tema 1 Pembelajaran 2 Kelas V SD Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2022/2023

maryati, ida (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)
Arisyanto, Prasena (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung menggunakan metode menjelaskan dan kurangnya ketersedian media disekolah. Tujuan 1) mengembangkan media Pop-Up Book pada materi pembelajaran tematik Tema 8 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 s.d 6 kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and Development (RD). Model pengembangan digunakan oleh peneliti adalah model Brog and Gall. Sampel yang diambil yaitu 17 peserta didik kelas V SD Negeri 2 Penawangan. Data penelitian ini diperoleh melalui studi dokumen, wawancara, angket validasi, materi, dan media serta angket respon guru dan siswa kelas V. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan 86% dengan kategori sangat baik dan hasil validasi ahli materi ada dua tahap yaitu tahap pertama mendapatkan 81% sedangkan tahap  kedua mendapatkan 85% dengan kategori sangat baik. Sedangkan  pada hasil uji coba lapangan, hasil respon guru ada dua tahap yaitu tahap pertama dan tahap kedua meperoleh 82% dengan kategori sangat baik dan hasil respon peserta didik mendapatkan  skor presentase 90%  dengan kategori sangat baik. Kesimpulan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book pada materi pembelajaran tematik ini terbukti valid dan dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran kelas V SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...