Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh panjang intake manifold terhadap performa mesin sepeda motor 108 cc. Metode uji coba dilakukan menggunakan dynotest pada intake manifold dengan variasi panjang 7 cm, 5,3 cm dan 4,2 cm. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perbedaan panjang intake manifold berpengaruh pada karakteristik kinerja mesin, di mana intake manifold 7 cm memberikan torsi yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah, sementara intake manifold 4,2 cm memberikan daya yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih tinggi. Selain itu, penelitian ini juga mengamati konsumsi bahan bakar dari 3 variasi panjang intake manifold. Hasilnya menunjukkan bahwa intake manifold 7 cm lebih irit dalam konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan intake manifold yang lebih pendek. Panjang intake manifold mempengaruhi secara signifikan kinerja mesin sepeda motor 108 cc, dengan intake manifold panjang lebih cocok untuk aplikasi yang membutuhkan torsi lebih besar pada putaran mesin rendah, sementara intake manifold pendek lebih cocok untuk aplikasi yang membutuhkan daya lebih besar pada putaran mesin tinggi. This research aims to investigate the effect of intake manifold length on the performance of a 108 cc motorcycle engine. The testing method was conducted using dynotest on intake manifolds with variations in lengths of 7 cm, 5.3 cm, and 4.2 cm. The test results show that there is a difference in intake manifold length affects the engine performance characteristics, wherein the 7 cm intake manifold provides greater torque at lower engine speeds, while the 4.2 cm intake manifold provides greater power at higher engine speeds. Additionally, this study also observed the fuel consumption of the 3 intake manifold length variations. The results show that the 7 cm intake manifold is more fuel-efficient compared to the shorter intake manifolds. Intake manifold length significantly influences the performance of a 108 cc motorcycle engine, with longer intake manifolds being more suitable for applications requiring greater torque at lower engine speeds, while shorter intake manifolds are more suitable for applications requiring greater power at higher engine speeds.
Copyrights © 2024