Jurnal Kajian Pendidikan IPA
Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Kajian Pendidikan IPA

Metode demonstrasi berbantukan media asli untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPA SD materi siklus air

Heri Dermawan (STAI Darunnajah Bogor)
Trisna Dwi Kasih (SDN JURANG MANGU TIMUR 03)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan metode demonstrasi berbantukan media benda asli dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jurang Mangu Timur 03 Tangerang Selatan pada pembelajaran materi siklus air. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk  melalui dua siklus, dengan 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan  peningkatan partisipasi belajar siswa dari 21,74% atau 5 siswa  pada studi awal menjadi, 69,57% atau 17 siswa pada siklus I, meningkat menjadi 95,65% atau 22 siswa pada akhir siklus kedua, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa, dimana nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal terus mengalami peningkatan dari 57,83 pada studi awal menjadi 65,65 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 74,78, sedangkan ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana pada studi awal hanya 3 orang siswa (13,04%) menjadi 56,52% atau 13 siswa, meningkat lagi menjadi 21 siswa atau 91.30% serta pada akhir siklus kedua. Kesimpulannya bahwa melalui metode demonstrasi berbantukan media asli dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jurang Mangu Timur 03 Tangerang Selatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Pendidikan IPA (JKPI) dengan nomor P-ISSN: 2798-7043 dan E-ISSN: 2798-7043 merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, FPIK, Universitas Garut. Jurnal ini bertujuan mempublikasikan artikel hasil penelitian atau pemikiran pada bidang Pendidikan IPA, Pendidikan ...