Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendekatan Realistic Matematic Education dalam Setting Kooperatif Teams Games Tournamen efektif ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A MTs DDI Midarul Ulum Kilongan tahun ajaran 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-Eksperimen dengan desain penelitian one group pretes-posttes design. Pengumpulan data motivasi belajar matematika siswa menggunakan angket atau dalam bentuk pernyataan. Adapun hasil deskripsi motivasi sebelum treatment berurutan nilai rata-rata, median, dan modus adalah 66.12, 66.28, dan 63.26. Karena nilai modus < nilai Median berdasarkan acuan distribusi normal maka distribusinya cendrung rendah. Setelah tretment nilai deskripsi motivasi berurutan nilai rata-rata, median, dan modus adalah 79.35, 82.77, dan 83.04. Karena nilai median > nilai modus berdasarkan acuan normal maka distribusinya cenderung tinggi. Peningkatannya dapat dilihat pada nilai rata-rata sebelum dan setelah treatmentnya dari 66,12 menjadi 79,35. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 13.23. Sedangkan hasil penelitian motivasi belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Realistic Matematic Education dalam Setting Kooperatif Teams Games Tournamen lebih tinggi thitung = 58,737 > ttabel = 1,697. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektif pendekatan RME dalam setting kooperatif TGT.
Copyrights © 2023