Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 4 (2023): November

Pengembangan Media Pohon Literasi Berbasis Cerita Rakyat Suku Sasak Untuk Siswa

Ummara Syahadatun Ain (Universitas Mataram)
Siti Istiningsih (Unknown)
Muhammad Erfan (Unknown)
Nurul Kemala Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN 44 Ampenan adalah guru masih jarang menggunakan media pembelajaran, khususnya media pembelajaran yang berhubungan dengan pembelajaran literasi. Keterbaharuan yang ditunjukan dalam penelitian ini dibandingkan dengan penelitian sebelumnya ialah terletak pada konsentrasi akan pengenalan nilai kebudayaan Suku Sasak melalui penggunaan cerita rakyat Suku Sasak untuk memperkenalkan nila-nilai budaya Suku Sasak pada peserta didik melalui penggunaan media pohon literasi. Media pohon literasi merupakan media yang berfungsi untuk mengukur banyaknya jumlah bacaan yang telah dibaca  Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah pembuatan media pohon literasi berbasis kearifan lokal suku sasak untuk siswa kelas IV SDN 44 Ampenan, dan (2) mengetahui kelayakan/tingkat validitas media pohon literasi berbasis kearifan lokal suku sasak untuk siswa kelas IV SDN 44 Ampenan. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan angket baik angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran pohon literasi berbasis cerita rakyat Suku Sasak. Berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 93% dan penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 86%. Penilaian dari guru mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 92,5%. Hasil coba kelompok besar mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata persentase 87,4% dan coba kelompok kecil mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata persentase 93%. Oleh karena itu media pembelajaran pohon literasi berbasis cerita rakyat Suku Sasak dapat digunakan untuk pembelajaran literasi di kelas IV SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...