Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 4 (2023): November

Peningkatan Pedagogik Guru Melalui Supervisi Kolaboratif Moda Kombinasi Mata Pelajaran MIPA

Sri Wahyu Indriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang penting bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi kolaboaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang melalui langkah-langkah dari perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting) yang dilakukan secara bersiklus hingga berulang beberapa siklus minimal dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan rumus persentase. Terhadap kegiatan supervisi kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan pedagogik guru dalam mendisain rencana pembelajaran sehingga keterlaksanaan kegiatan RPK dapat mengalami peningkatan dilihat dari hasil monitoring pelaksanaan kegiatan, pada siklus I sebesar 88% meningkat pada siklus II menjadi 96%. Sehingga dapat dikatakan keterlaksanaan supervisi dengan melakukan persiapan yang matang dan dilaksanakan sesuai panduan berdampak yang sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...