Inovasi pendidikan merupakan suatu ide, metode, media atau hal-hal lainnya yang diamati dan dirasakan sebagai sebuah kebaruan untuk pendidikan yang berupa hasil invensi atau discovery, yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau pemecahan masalah pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa konsep, tujuan, prinsip, dan model inovasi pendidikan serta implementasinya terhadap pendidikan Islam. Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Data penelitian diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, artikel, jurnal atau dokumen yang relevan tentang inovasi-inovasi pendidikan Islam. Hasil analisis data menemukan bahwa inovasi pendidikan agama islam harus mempunyai konsep dasar yang kokoh untuk mewujutkan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Prinsip dan model inovasi pendidikan juga harus menjadi perhatian karena menjadi acuan untuk mengetahui berkualitas atau tidaknya suatu inovasi pendidikan. Implementasi inovasi pendidikan Islam mencakup 6 hal yaitu, inovasi strategi pembelajaran, metode, materi, sumber daya agama, media dan instrumen penunjangnya. Kegagalan inovasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia terjadi karena dua aspek yaitu terlalu simbolistik dan mengutamakan aspek kognitif. Inovasi pendidikan agama islam sangat penting untuk dilaksanakan agar pendidikan agama islam dapat memenuhi tuntutan dinamika masyarakat, perkembangan IPTEKs, dan pembengunan disemua aspek kehidupan berbangsa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024