Media pembelajaran merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: 1) media pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa; 2) tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep siswa; 3) interaksi antara media pembelajaran dan tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasy Experimental Design (eksperimen semu). Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Mataram dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Uji hipotesis menggunakan uji statistik Two Way Anova dengan taraf signifikansi (α)=5%. Sebelum dilakukan uji Anova, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap pemahaman konsep dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,004; 2) terdapat pengaruh tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,0001; 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antar media pembelajaran dan tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep dengan nilai sig > 0,05 yaitu 0,199. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa dan pada tingkat kemampuan akademik terhapa pemahaman konsep siswa, tetapi tidak ada pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep siswa.
Copyrights © 2024