Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Pengembangan E-Modul Berbasis Eduwisata Pada Konsep Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X

Sukmayanti (Unknown)
Ramdani, Agus (Unknown)
Handayani, Baiq Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis eduwisata pada konsep tumbuhan paku (Pteridophyta) yang valid dan praktis serta untuk mengetahui tingkat efektivitas e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3D terdiri dari tahapan define, design dan development. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli materi, ahli media dan angket respon guru serta angket respon peserta didik untuk uji kepraktisan dan keefektifan e-modul. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian terhadap e-modul berbasis eduwisata menunjukkan sangat valid berdasarkan rata-rata hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan guru biologi sebesar 94%, dan sangat praktis berdasarkan respon 10 siswa dengan persentase sebesar 85%. Kemudian tingkat efektivitas e-modul dilihat dari rata-rata skor hasil pretest siswa sebesar 46,2 dan post test sebesar 85 sehingga adanya peningkatan hasil yang menunjukkan e-modul berbasis eduwisata pada konsep tumbuhan paku (Pteridopyta)  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Adapun untuk uji keefektifan dari e-modul bebasis eduwisata dengan uji N-Gain mendapatkan skor 0,70 dengan kriteria efektif. Sehingga e-modul berbasis eduwisata pada konsep tumbuhan paku (Pteridophyta) dikatakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...