Jurnal Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2024): Journal of Islamic Education

INTERNALISASI NILAI-NILAI SPIRITUALITAS DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS III SD 1 PAKUNDEN PONOROGO

Heriadi (Unknown)
Abdul Haris (Unknown)
Ishomuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai spritualitas di SD 1 Pakunden Ponorogo danmengetahui penanaman nilai-nilai spiritualitas kepada siswa yang ada di sekolah tersebut.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menguraikan dari penelitiansecara tertulis maupun dari hasil wawancara secara langsung kepada informannya. Teknikpengumpulan data, untuk penelitian ini, melakukan secara langsung dengan observasi,wawancara kepada lembaga sekolah yang dibutuhkan dan dokumentasi. Teknik analisis datamenggunakan analisis kualitatif berbentuk dengan urain kata-kata serta analisisnya dibagidalam tiga bagian yaitu 1) reduksi daya, penyajian data, dan terakhir penarikan hasilkesimpulan.Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sekolah SD 1 Pakunden Ponorogo sangat baikdalam menerapkan nilai-nilai spiritualitas kepada siswa dengan cara sholat duha bersama-samasebelum mulai pelajaran, dan membaca Al-Qur’an dan murojaah juz 30 sehingga hafalannyatetap ingat dan tidak mudah lupa. Selain itu guru mengajak siswa senam maupun ice breakingsebelum dimulai pelajaran sehingga menambah semangat dalam belajarnya. Selain itu gurumenanamkan nilai-nilai spiritualitas cukup baik juga kepada siswa dengan mengajak berburusampah dengan cara membersihkan sampah yang ada di lingkungan sekolah serta ada jugakegiatan jumat bersih, semua ikut membersihkan sampah yang ada di sekolah maupun kerjabantik mulai dari guru, siswa, dan kepala sekolah ikut andil juga sehingga siswa mencintailingkungan, hidup bersih, dan terbiasa mencintai kebersihan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ANNABA adalah jurnal berkala STIT Muhammadiyah Paciran yang terbit dua kali dalam satu tahun, Maret dan september. Dewan penyunting menerima sumbangan tulisan berupa kajian analisis atau hasil penelitian seputar pendidikan, baik dari sudut pandang Islam ataupun konvensional dengan panjang tulisan 15 ...