PTK: Jurnal Tindakan Kelas
Vol. 4 No. 2 (2024): Mei 2024

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa

Farhana Ifrida (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dini Restiyanti Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhammad Supriyanto (SMA Muhammadiyah 1 Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan berbantu media audio visual. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta pada tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitiain dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan berbantu media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa. Peningkatan tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata kelas dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I dari 36 siswa memperoleh nilai rata-rata 66,72 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,8. Siswa yang memperoleh kategori tuntas pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada siklus I hanya 6 siswa atau 17% dan pada siklus II meningkat pesat menjadi 29 siswa atau 81%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media ...