Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dengan menguji dan memperkaya teori yang ada tentang hubungan antara supervisi, kinerja, dan sikap guru. Penelitian ini dapat memperluas pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan sikap guru, serta memperkaya landasan teoritis dalam bidang pendidikan dan manajemen. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas, dengan sampel adalah guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Sekecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri HilirTemuan ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, perlu diperhatikan bahwa Supervisi yang baik dan terampil dapat memainkan peran sentral dalam merangsang Sikap Guru yang positif dan meningkatkan Kinerja mereka. Supervisi yang efektif melibatkan pengawas pendidikan yang terlatih dan memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh guru. Dalam konteks ini, pengawas pendidikan perlu mampu memberikan umpan balik yang konstruktif, memberikan dukungan, serta memfasilitasi pengembangan profesional guru. Secara keseluruhan, implikasi manajerial dari hubungan antara Supervisi, Kinerja, dan Sikap Guru memberikan panduan penting bagi manajemen pendidikan dalam mengembangkan strategi dan kebijakan yang mendukung peningkatan kinerja guru dan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Dengan mengimplementasikan program Supervisi yang efektif, meningkatkan komunikasi dan kolaborasi, serta memberikan dukungan pengembangan profesional kepada guru, manajemen pendidikan dapat mencapai tujuan peningkatan kinerja guru dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan
Copyrights © 2023