Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa SMP yang ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cikupa. Subjek penelitian ini terdiri dari 12 siswa kelas 8A SMP Negeri 2 Cikupa.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes literasi matematis, dan wawancara. Siswa menjawab serangkaian soal yang diberikan oleh peneliti. Tes dilakukan untuk mengukur kemampuan literasi matematis, Sedangkan angket dilakukan untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan semua gaya belajar dengan literasi sangat baik masing-masing dapat menyelesaikan 2 soal – 3 soal yang disajikan dengan benar serta mampu mencapai indikator proses. Kemudian siswa dengan semua gaya belajar dengan literasi baik masing-masing dapat menyelesaikan 1 soal – 2 soal yang disajikan dengan benar serta mampu mencapai indikator proses. Siswa dengan gaya belajar Divergen, assimilating , Converging dengan literasi kurang baik masing-masing dapat menyelesaikan 1 soal yang disajikan dengan benar serta mampu mencapai indikator proses. Sedangkan siswa dengan gaya belajar accomodating dengan literasi kurang baik tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang disajikan, di mana indikator proses yang digunakan telah mencakup proses matematis dan kemampuan dasar matematis.
Copyrights © 2024