Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Interaktif di model pembelajaran Discovery Learning pada Program Studi Teknik Sepeda Motor (TSM) terhadap pencapaian akademik siswa di SMKN 2 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi model pembelajaran Discovery Learning dengan media pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TSM 1. Penerapan model ini mendorong partisipasi siswa secara aktif dalam memahami konsep, menerapkan pengetahuan, dan mengembangkan keterampilan praktis. Dengan demikian, tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat secara signifikan. Selain itu, kombinasi ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan memotivasi, karena siswa diberikan gambaran konsep abstrak melalui pengalaman praktis dan visual. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang efektif, memperkaya praktik pendidikan di SMKN 2 Surabaya, dan memberikan wawasan bagi peneliti dan praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di masa mendatang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024