TARBAWI: Journal on Islamic Education
Vol 8, No 1: April 2024

PENGARUH SELF EFFICACY, DUKUNGAN SOSIAL, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Sari, Kesi Mayang (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Setiap individu sudah memiliki modal untuk memperoleh prestasi belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yang berasal dari interinsik dan eksterinsik seperti self efficacy, dukungan Sosial, dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi motivasi berprestasi peserta didik. Dari faktor intrinsik yaitu self efficacy, motivasi berprestasi dan dari faktor ekstrinsik yakni dukungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat kuantitatif yang kemudian diolah dengan metode statistika. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel X1 (self efficacy), X2 (dukungan social), X3 (Motivasi berprestasi) terhadap Y (prestasi belajar).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Focus and Scope of Tarbawi Journal: Journal of Islamic Education covers 1 PAI Learning (Method, Strategy, Model, Assessment) 2. Islamic Education 3. Management of Islamic Education 4. Management of Pending Institutions. Islam 5. and related ...