ABSTRAK Latar Belakang: Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan yang dapat memuaskan pasar sasaran tersebut. Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran jasa dengan loyalitas peserta pada kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat. Metode: Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode Cross Sectional. Populasi sebanyak 797 peserta kunjungan pada kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Provinsi Sulawesi Barat. Jumlah sampel penelitian sebanyak 86 peserta yang diambil dengan menggunakan metode Probability Sampling. Hasil: Hasil penelitian didapatkan ada hubungan bauran pemasaran jasa meliputi produk, price, place, promotion, people, physical evidence dan process dengan loyalitas konsumen pada Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Barat dengan nilai p = 0,000. Kesimpulan: Diharapkan BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan evaluasi mendalam terhadap strategi promosi yang telah dilakukan untuk meningkatkan efektivitasnya. BPJS Ketenagakerjaan mendorong inovasi produk dengan menambahkan fitur atau layanan yang belum ada. Fokus pada pengembangan produk unggulan yang dapat menjadi ciri khas organisasi. ABSTRACT Background: Marketing strategy is selecting and analyzing the target market which is a group of people that the company wants to reach and creating a marketing mix that is suitable and that can satisfy the target market. The marketing mix is a unique product, promotion and pricing strategy designed to produce mutually beneficial exchanges with the target market. But now this is increasingly developing not only in terms of product, promotion and price. But also about place, people, process, and physical evidence. Objective: This research aims to determine the relationship between the service marketing mix and participant loyalty at the BPJS Employment West Sulawesi. Method: This type of descriptive quantitative research uses the Cross Sectional method. A population of 797 participants visited the BPJS Employment Office, West Sulawesi Province Branch. The total research sample was 86 participants taken using the Probability Sampling method. Results: The research results showed that there was a relationship between the service marketing mix including product, price, place, promotion, people, physical evidence and process with consumer loyalty in West Sulawesi Province Employment with a value of p = 0.000. Conclusion: It is hoped that BPJS Employment can carry out an in-depth evaluation of the promotional strategies that have been carried out to increase their effectiveness. BPJS Employment encourages product innovation by adding features or services that do not yet exist. Focus on developing superior products that can become a characteristic of the organization.
Copyrights © 2024