ABSTRAK Latar Belakang: Tingkat kepuasaan pelayanan sangat dipengaruhi oleh mutu suatu produk (baik berupa barang maupun jasa) sehingga pengukuran tingkat kepuasan atau suatu produk. Mutu pelayanan menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan yang dimiliki oleh setiap pasien. Kepuasan pasien adalah salah satu indikator mutu pelayanan Puskesmas, kepuasaan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan mereka. Pelayanan kesehatan perlu dilaksanakan, baik untuk meningkatkan akses maupun mutu pelayanannnya. Tujuan: Untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di pelayanan poli umum Puskesmas Langgikima, Konawe Utara. Metode: Rancangan penelitian yang digunakan Cross Sectional Study, penelitian ini menggunakan skala likert dengan total sampel sebanyak 123 pasien. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian kuantitatif ini ialah Purposive Sampling. Lokasi penelitian yang dipilih adalah poli umum Puskesmas Langgikima yang berlokasi di Jalan Poros Kelurahan Langgikima Kecamatan Langgikima Kab. Konawe Utara. Penelitian ini dilaksanakan selama 30 hari yaitu bulan Desember 2023 - Januari 2024. Hasil: Menunjukan bahwa waktu pelayanan yang efisien (0,000<0,05), Ketersediaan obat pada saat pelayanan (0,000<0,05), Sarana dan prasarana yang memadai (0,000<0,05), Empati petugas kepada pasien (0,000<0,05), Penyampaian informasi (0,000<0,05) berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di pelayanan Poli Umum Puskesmas Langgikima, Konawe Utara. Kesimpulan: Waktu pelayanan yang efisien berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien, ketersediaan obat pada saat pelayanan berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien, sarana dan prasarana yang memadai berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien, empati petugas kepada pasien berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien, penyampaian informasi yang jelas oleh petugas kepada pasien berhubungan dengan tingkat kepuasan. ABSTRACT Background: The level of service satisfaction is strongly influenced by the quality of a product (both in the form of goods and services) so that the measurement of the level of satisfaction or a product. Service quality refers to the level of perfection of health services in meeting the needs and demands of each patient. Patient satisfaction is one indicator of the quality of Puskesmas services, patient satisfaction will be fulfilled if the services provided are in accordance with their expectations. Health services need to be implemented, both to improve access and quality of service. Objective: The aim of the study was to analyse the factors associated with the level of patient satisfaction in the general poly service of Puskesmas Langgikima, North Konawe. Method: The research design used was Cross Sectional Study, this study used a Likert scale with a total sample of 123 patients. Sampling technique used in this quantitative research is Purposive Sampling. The research location chosen was the general poly of the Langgikima Puskesmas which is located on Jalan Poros Kelurahan Langgikima District Langgikima Kab. Konawe Utara. This research was conducted for 30 days, namely December 2023 - January 2024. Results: The study's findings indicate that the following factors are associated with patient satisfaction at the general polyclinic services of Langgikima Community Health Center, North Konawe: effective service time (0.000<0.05), availability of medications at the time of service (0.000<0.05), adequate facilities and infrastructure (0.000<0.05), staff empathy for patients (0.000<0.05), and information delivery (0.000<0.05). Conclusion: Efficient service time is related to the level of patient satisfaction, Drug availability at the time of service is related to the level of patient satisfaction, Adequate facilities and infrastructure are related to the level of patient satisfaction, Empathy of officers to patients is related to the level of patient satisfaction, Clear information delivery by officers to patients is related to the level of satisfaction.
Copyrights © 2024