Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana PT. PELINDO Terminal Petikemas TPK Bitung menerapkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility, CSR) sesuai dengan standar ISO 26000. ISO 26000 adalah standar internasional yang membantu organisasi memasukkan tanggung jawab sosial ke dalam kebijakan dan operasi mereka. ISO 26000 mencakup tujuh subyek utama, yaitu tata kelola organisasi, hak asasi manusia, praktik ketenagakerjaan, lingkungan, praktik operasi yang adil, masalah konsumen, dan pelibatan dan pengembangan komunitas. Metode Kualitatif Eksploratif merupakan metode penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis dengan menggunakan metode konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CSR PT. PELINDO Terminal Petikemas TPK Bitung sudah sesuai dengan ISO 26000 dengan mengacu pada Peraturan Menteri BUMN No. PER-6/MBU/09/2022 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.
Copyrights © 2024