Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika (menyederhanakan pecahan)
menggunakan pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti/guru kelas VI sebagai pelaku tindakan kelas, dan
kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian
yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Sribit yang berjumlah 31 siswa. Analisis data secara
deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam: 1) mengajukan pertanyaan
kepada guru meningkat 2) mengerjakan soal di depan kelas meningkat 3) mengemukakan ide meningkat 4)
menjawab pertanyaan meningkat 5) prestasi matematika pada tes akhir meningkat.. Kesimpulan penelitian ini
adalah penerapan pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam pembelajaran
matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : peningkatan, hasil belajar, Visualization, Auditory, Kinestetic
Copyrights © 2015