Dalam pembelajaran perlu dilakukan suatu evaluasi proses pembelajaran. Salah satu penilaian
yang dapat digunakannya, yaitu menggunakan pengukuran kuesioner.
Pada penelitian ini, jenis evaluasi proses pembelajaran pada perkuliahan program studi Pendidikan
Matematika yang digunakan meliputi peran aktif mahasiswa, materi yang disampaikan dosen, dan metode
pengajaran. Dari 23 butir pernyataan hanya 18 butir yang memenuhi validitas isinya, nilai reliabelitasnya, dan
nilai konsistensi internalnya. Dari analisis data ini diperoleh kesimpulan bahwa peran aktif mahasiswa dalam
mengikuti perkuliahan masuk dalam kategori yang sudah baik terlihat skor rata-rata totalnya sebesar 3.3225.
Materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa masuk dalam kategori yang sudah baik terlihat
skor rata-rata totalnya sebesar 3.2364. Metode pengajaran yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa masuk
dalam kategori sudah baik terlihat skor rata-rata totalnya sebesar 3.1467.
Kata kunci : Evaluasi Proses Pembelajaran, Pengukuran Kuesioner
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015