MAGISTRA
Vol 26, No 94 (2015): Magistra Desember

Evaluasi Proses Pembelajaran Pada Perkuliahan Program Studi Pendidikan Matematika Di Universitas Widya Dharma Klaten Melalui Pengukuran Kuesioner

., Yuliana (Unknown)
Syaifuddin, H. M. Wahid (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Dalam pembelajaran perlu dilakukan suatu evaluasi proses pembelajaran. Salah satu penilaian yang dapat digunakannya, yaitu menggunakan pengukuran kuesioner. Pada penelitian ini, jenis evaluasi proses pembelajaran pada perkuliahan program studi Pendidikan Matematika yang digunakan meliputi peran aktif mahasiswa, materi yang disampaikan dosen, dan metode pengajaran. Dari 23 butir pernyataan hanya 18 butir yang memenuhi validitas isinya, nilai reliabelitasnya, dan nilai konsistensi internalnya. Dari analisis data ini diperoleh kesimpulan bahwa peran aktif mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan masuk dalam kategori yang sudah baik terlihat skor rata-rata totalnya sebesar 3.3225. Materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa masuk dalam kategori yang sudah baik terlihat skor rata-rata totalnya sebesar 3.2364. Metode pengajaran yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa masuk dalam kategori sudah baik terlihat skor rata-rata totalnya sebesar 3.1467. Kata kunci : Evaluasi Proses Pembelajaran, Pengukuran Kuesioner

Copyrights © 2015