Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan media, dan respon peserta didik terhadap media permainan Multiply Card pada materi operasi hitung perkalian dalam pembelajaran kontekstual di kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 fase atau tahapan, yaitu (Define, Design, Development, Disseminate). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas IV SDN Ranca Iyuh IV. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media permainan Multiply Card yang telah dikembangkan, berdasarkan hasil uji validasi produk dari ahli media memperoleh kriteria sangat layak, dan dari hasil uji validasi ahli materi memperoleh kriteria sangat layak. Hasil penilaian kelayakan media permainan Multiply Card juga di dukung oleh penilaian angket hasil respon peserta didik. Hasil angket respon peserta didik memperoleh kriteria sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan media permainan Multiply Card sangat layak dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas IV SD.
Copyrights © 2024