Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer)
Vol 23 No 1 (2024): Februari 2024

Implementasi Algoritma K-Means Clustering Dengan Pendekatan Active Learning Pada Siswa SMA Untuk Menentukan Jurusan Ke Perguruan Tinggi

Muhammad Rheza Palevi (Medan State University)
Zulfahmi Indra (Medan State University)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Menentukan jurusan tepat yang akan diambil pada jenjang perguruan tinggi sangatlah penting diperhatikan oleh siswa SMA. Kesalahan dalam memilih jurusan akan menyebabkan siswa tidak maksimal selama berada di perguruan tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membantu siswa dalam menentukan jurusan ke perguruan tinggi menggunakan algoritma K-Means Clustering dengan penerapan Active Learning in Machine Learning. K-Means Clustering dengan penerapan Active Learning digunakan untuk menentukan jurusan yang tepat dengan menggunakan data kuesioner dan nilai rapot yang didapat dari pihak sekolah. Pada penelitian ini, didapat hasil bahwa 113 siswa yang menjadi responden terbagi kedalam 12 kategori atau klaster pada bidang ilmu yang berbeda-beda. Secara singkat, penerapan algoritma K-Means Clustering dengan pendekatan Active Learning menghasilkan akurasi 0,059 dan membutuhkan perbaikan terhadap data yang digunakan agar mencapai akurasi yang lebih baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Computer Science, Computer Engineering, and Informatics Computer Network Embedded System Computer Security Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods) Programming (Programming Methodology and Paradigm) Data Engineering (Data and ...