Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 14 No 3 (2024): January : Education Science

Peran vital filsafat pendidikan dalam mewujudkan pembelajaran abad 21

Ahmad, Siti Nurfadhilah Mujaahidah (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini menguraikan signifikansi konsep-konsep filsafat pendidikan dalam konteks pendidikan abad ke-21 melalui tinjauan literatur yang komprehensif. Melalui analisis konsep-konsep filosofis, penelitian ini mengidentifikasi implikasi serta tantangan dalam implementasi konsep-konsep ini di institusi pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun implementasi konsep filsafat pendidikan dihadapkan pada sejumlah tantangan seperti kesenjangan antara teori dan praktik, adaptasi terhadap kemajuan teknologi, dan kompleksitas lingkungan pendidikan, namun langkah-langkah tersebut juga membawa implikasi positif, seperti meningkatnya aksesibilitas pendidikan dan pembentukan lingkungan belajar inklusif yang merangsang pemikiran kritis. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan perlunya komitmen, adaptasi, dan kolaborasi dalam menerapkan konsep-konsep filsafat pendidikan untuk memastikan pendidikan yang holistik, relevan, dan meresponsi tuntutan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Cendikia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Institute of Computer Science. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research ...