Penelitian ini menguraikan signifikansi konsep-konsep filsafat pendidikan dalam konteks pendidikan abad ke-21 melalui tinjauan literatur yang komprehensif. Melalui analisis konsep-konsep filosofis, penelitian ini mengidentifikasi implikasi serta tantangan dalam implementasi konsep-konsep ini di institusi pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun implementasi konsep filsafat pendidikan dihadapkan pada sejumlah tantangan seperti kesenjangan antara teori dan praktik, adaptasi terhadap kemajuan teknologi, dan kompleksitas lingkungan pendidikan, namun langkah-langkah tersebut juga membawa implikasi positif, seperti meningkatnya aksesibilitas pendidikan dan pembentukan lingkungan belajar inklusif yang merangsang pemikiran kritis. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan perlunya komitmen, adaptasi, dan kolaborasi dalam menerapkan konsep-konsep filsafat pendidikan untuk memastikan pendidikan yang holistik, relevan, dan meresponsi tuntutan zaman.
Copyrights © 2024