Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 14 No 3 (2024): January : Education Science

Filsafat pendidikan dan berbagai tipe guru

AR, Arni Sastrawati Hasmar (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian membahas peran filosofis dalam membentuk berbagai tipe guru dan dampaknya pada pengalaman belajar siswa. Pendidikan dianggap sebagai pilar utama dalam membentuk masyarakat yang berbudaya, dengan filsafat pendidikan sebagai fondasi yang mengarahkan tujuan, arti, dan metode pendidikan. Guru tidak hanya sebagai pemegang pengetahuan tetapi juga sebagai arsitek pembentukan karakter siswa. Penelitian ini mengeksplorasi peran guru sebagai pengajar, pembimbing, dan contoh teladan, dengan menyoroti berbagai tipe guru seperti fasilitator pembelajaran, motivator, dan pembimbing etika, serta menganalisis implikasi filosofisnya. Melalui metode penelitian yang mencakup konsep filsafat pendidikan, definisi, dan sejarahnya, jurnal ini juga menekankan pentingnya etika guru dalam praktik pendidikan, termasuk integritas, keterlibatan, tanggung jawab, keadilan, dan keterbukaan. Diharapkan penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang hubungan antara filsafat pendidikan, peran guru, dan pengalaman belajar siswa, serta memberikan panduan praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Cendikia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Institute of Computer Science. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research ...