Penelitian membahas peran filosofis dalam membentuk berbagai tipe guru dan dampaknya pada pengalaman belajar siswa. Pendidikan dianggap sebagai pilar utama dalam membentuk masyarakat yang berbudaya, dengan filsafat pendidikan sebagai fondasi yang mengarahkan tujuan, arti, dan metode pendidikan. Guru tidak hanya sebagai pemegang pengetahuan tetapi juga sebagai arsitek pembentukan karakter siswa. Penelitian ini mengeksplorasi peran guru sebagai pengajar, pembimbing, dan contoh teladan, dengan menyoroti berbagai tipe guru seperti fasilitator pembelajaran, motivator, dan pembimbing etika, serta menganalisis implikasi filosofisnya. Melalui metode penelitian yang mencakup konsep filsafat pendidikan, definisi, dan sejarahnya, jurnal ini juga menekankan pentingnya etika guru dalam praktik pendidikan, termasuk integritas, keterlibatan, tanggung jawab, keadilan, dan keterbukaan. Diharapkan penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang hubungan antara filsafat pendidikan, peran guru, dan pengalaman belajar siswa, serta memberikan panduan praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang kelas.
Copyrights © 2024