Umpan balik dari mahasiswa terhadap berbagai program perguruan tinggi merupakan factor penting untuk meningkatkan kualitas tata-kelolanya. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kepuasan mahasiswa secara empiris terhadap program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Nusantara (FIKOM-UNINUS). Kepuasan mahasiswa diukur dengan tiga dimensi, yaitu manfaat yang diperoleh mahasiswa, dukungan dari kelembagaan (Fakultas dan Prodi), serta kinerja Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Ukuran sampel sejumlah 58 mahasiswa dipilih berdasarkan teknik acak sederhana, dan data dihimpun melalui instrument angket tertutup. Hipotesis penelitian diuji menggunakan metode analisis regresi berganda dengan melibatkan variable boneka (dummy variable treatment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan 47% mahasiswa merasa sangat puas dan 50% merasa puas. Kepuasan tertinggi ditujukan pada dimensi kemanfaatan KKN, diikuti kemudian oleh dukungan kelembagaan, dan yang terendah adalah kinerja Dosen pembimbing lapangan (DPL), Hasil pengujian membuktikan bahwa ketiga dimensi tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa peserta KKN, baik secara parsial maupun simultan. Pada penelitian berikutnya direkomendasikan untuk lebih banyak dimensi yang dilibatkan, terutama yang ditujukan pada lingkungan eskternal dalam pelaksanaan KKN.
Copyrights © 2023