JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Vol. 12 No. 1 (2024): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

Ghofan Muthofin (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Indra Budiman (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Melalui penelitian ini, kami berharap dapat lebih memahami bagaimana pilihan kognitif siswa memengaruhi literasi matematika mereka. Penelitian ini menggabungkan metode kualitatif dengan metodologi deskriptif. Kelas X TP 3 SMK Negeri 1 Karawang memiliki empat siswa yang masuk kelas pada semester pertama tahun pelajaran 2022–2023. Salah satu alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Group Embedded Figure Test (GEFT) yang mengevaluasi gaya kognitif siswa. Wawancara juga digunakan dalam penelitian ini.  Hasil penelitian ini didukung dengan wawancara yang dilakukan. Hasil wawancara tersebut menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent mampu merumuskan masalah secara matematis dan menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematis seperti yang ditunjukkan oleh uraian di atas. Subjek SFI-1 adalah satu-satunya yang memenuhi syarat untuk menganalisis, menerapkan, dan menilai hasil matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

judika

Publisher

Subject

Education

Description

JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Singaperbangsa Karawang. Konten jurnal meliputi tulisan hasil penelitian atau kajian teoretis pada bidang pendidikan secara umum. Jurnal ini terbit dua kali setahun. ...