Renjana Pendidikan Dasar
Vol 4 No 1 (2024): Edisi Februari 2024

PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBANTUAN KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SDN 8 MATARAM

Eka Widia (Universitas Mataram)
Khairun Nisa (Universitas Mataram)
Asri Fauzi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca siswa yang rendah. Kemampuan membaca khususnya kemampuan membaca permulaan merupakan hal mendasar yang wajib dikuasai siswa. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana mengembangkan media big book berbantuan kartu kata dalam pembelajaran tematik berorientasi pada kemampuan membaca siswa SDN 8 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian reseach and development( R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE tempat dilaksanakannya penelitian ini yaitu SDN 8 Mataram sebanyak 6 orang sedangkan objek penelitian in adalah media pembelajaran big book berbantuan kartu kata. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, angket respon guru dan siswa serta tes kemampuan membaca permulaan. Dari hasil angket validasi media dan materi, angket respon guru dan siswa serta hasil tes kemampuan membaca permulaan dapat disimpullkan bahwa media big book berbantuan kartu kata dalam pembelajaran tematik berorientasi pada kemampuan membaca permulaan siswa sudah layak dari aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas 2 SDN 8 Mataram.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...