EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 8 No. 2 Januari 2023

Study Literature Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Scientific Approach Terhadap Hasil Belajar Siswa

Fidyawati, Kiki (Unknown)
Meishanti, Ospa Pea Yuanita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

ABSTRACT The Discovery Learning model is a model that guides students to identify what they want to know by searching for information themselves, then finding concepts from what is known and understood. The scientific approach is a learning process that is equated with a scientific process because it includes stages, especially in the core activities, namely observing, asking questions, gathering information or experimenting, associating or processing information, and communicating. Learning Outcomes are the numbers obtained by students who have succeeded in completing subject concepts according to the minimum completeness criteria (KKM) set, namely 75 according to the applicable curriculum. The purpose of this study was to describe student learning outcomes by applying the discovery learning model with a scientific approach. Keywords: Discovery Learning, Scientific Approach, Learning Outcomes ABSTRAK Model Discovery Learning adalah model yang menuntun siswa untuk mengidentifikasi apa yang ingin diketahui dengan mencari informasi sendiri, kemudian menemukan konsep dari apa yang diketahui dan dipahami. Pendekatan Scientific adalah proses pembelajaran yang disamakan dengan suatu proses ilmiah karena didalamnya terdapat tahapan-tahapan terutama dalam kegiatan inti yaitu Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi atau Eksperimen, Mengasosiasikan atau Mengolah Informasi, dan Mengkomunikasikan. Hasil Belajar adalah angka yang diperoleh siswa yang telah berhasil menuntaskan konsep-konsep mata pelajaran sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75 sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dengan scientific approach. Kata kunci: Discovery Learning, Scientific Approach, Hasil Belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eduscope

Publisher

Subject

Education

Description

EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian ...