Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
Vol 9, No 1 (2024): Januari 2024

Peran Motivasi Belajar dalam Memoderasi Pengaruh Whatsapp Group terhadap Hasil Belajar siswa

Diana Dewi Lestari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rasto Rasto (Universitas Pendidikan Indonesia - UPI)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu belum optimalnya hasil belajar siswa, diindikasikan dengan masih banyaknya nilai siswa yang belum mencapai KKM. Analisis peran motivasi belajar dalam memoderasi pengaruh whatsapp group terhadap hasil belajar siswa menjadi tujuan dari penelitian ini. Permasalahan tersebut dijawab dengan metode deskriptif dan asosiatif serta dilakukan secara sensus terhadap 40 siswa kelas XII Kompetensi Keahlian OTKP di salah satu SMK Swasta di Kota Bandung dengan menggunakan kuesioner model rating scale skala 5 dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Melalui teknik analisis data regresi linier ganda diperoleh bahwa motivasi belajar memoderasi secara positif dan memperkuat pengaruh whatsapp group terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmanper

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in ...