Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 8 No 2 (2023): September

MODEL THE LEARNING CELL UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA

Febriyanti, Beby Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Belajar hakikatnya untuk mengembangkan kemampuan siswa baik secara akademis maupun nonakademis. Selain untuk mencapai tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar dan indikatornya, dalam proses pembelajarannya juga perlu mengembangkan aspek kepribadian siswa. Guru harus menjadi fasilitator siswa agar semakin terampil di berbagai bidang. Pengembangan diri yang dapat guru tingkatkan dan dapat diinternalisasikan melalui kegiatan pembelajaran adalah kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi. Kedua hal ini kelak diperlukan siswa sebagai bekal untuk siap dan berani menyampaikan aspirasi di masyarakat. Model pembelajaran the learning cell, merupakan cara pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif melalukan interaksi dengan sesama teman serta mendorong siswa agar terbiasa tampil di hadapan temannya yang lain. Melalui kegiatan tersebut, maka keaktifan siswa ditingkatkan, secara tidak langsung pula maka siswa yang mendapat giliran memberi pertanyaan dan menjawab tersebut dilatih percaya diri dalam menyampaikan, serta kemampuan komunikasi secara lisan juga ikut terlatih.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alashr

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan ...