Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)

E-Marketing Untuk Umkm Naik Kelas: Studi Kasus Di Rumah Jamu Dan Seblak Ndeso Bantul Yogyakarta

Paba Folo, Yohana Elisa (Unknown)
Airawaty, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bantul, Yogyakarta, dalam memanfaatkan e-marketing guna memperkuat promosi dan penjualan. Survei dan wawancara mengungkap rendahnya pemahaman dan penerapan strategi pemasaran digital oleh UMKM. Metode yang digunakan meliputi survei dan wawancara untuk mengidentifikasi masalah, serta pelatihan intensif tentang pembuatan akun Shopee Food, peningkatan kualitas foto produk, dan strategi pemasaran di Instagram. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan UMKM dalam menggunakan platform digital untuk promosi, namun pendampingan berkelanjutan masih diperlukan. Pengabdian ini memvalidasi bahwa pendampingan e-marketing efektif dalam membantu UMKM memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...