Penelitian ini membahas pengembangan Kota Geometri Board sebagai alat peraga inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika di sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika dan membantu siswa memahami konsep-konsep tersebut dengan cara yang lebih konkret dan menyenangkan. Penelitian ini menerapkan metode studi literatur, yang melibatkan serangkaian langkah dimulai dari pengumpulan referensi, penelaahan teori, dan analisis terhadap objek yang sedang diselidiki. Referensi tersebut dicari melalui artikel atau laporan penelitian dalam jurnal. Sumber data diperoleh dari artikel atau jurnal yang relevan dengan fokus penelitian, khususnya tentang minat belajar matematika yang dipengaruhi oleh penggunaan media sosial, yang telah diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Peneliti mengumpulkan artikel atau jurnal ini melalui pencarian di Google Scholar dengan menggunakan kata kunci seperti minat belajar matematika, media sosial, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kota Geometri Board dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika secara signifikan, sambil membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Alat ini juga memiliki potensi sebagai sarana pembelajaran kolaboratif, di mana siswa dapat bekerja sama untuk membangun struktur kota yang kompleks dan memecahkan masalah matematika bersama-sama. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama.
Copyrights © 2024