Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober 2024 (Upcoming Issue)

Analisis Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Balok dan Kubus Ditinjau dari Gaya Belajar

Tarizka Ozzi Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Indra Budiman (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan spasial siswa dalam geometri pada materi bangun ruang sisi datar balok dan kubus berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII tahun ajaran 2023/2024. Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan spasial, angket gaya belajar, dan wawancara semi terstruktur. Teknik pengumpulan data menggunakan ketiga instrumen yang akan diuji kredibilitasnya menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman diantaranya data reduction, data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verification). Mengacu pada gaya belajar, subjek yang memiliki kemampuan spasial yang baik adalah gaya belajar visual. Gaya belajar auditorial memiliki kemampuan spasial yang cukup baik. Untuk gaya belajar kinestetik perlu adanya tindak lanjut karena kemampuan spasialnya yang kurang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...