JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Vol 1, No 2 (2021): December 2021

Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis

Isti Fuji Lestari (Unknown)
Siti Nurdianti Muhajir (UNIVERSITAS GARUT)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA melalui pendekatan STEM pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Garut dengan jumlah sampel 40 siswa (18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan). Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan one shot pretest-posttest group.  Instrumen penelitian berupa soal uraian keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi fluida statis. Berdasarkan nilai N-Gain diperoleh hasil 0.62 yang termasuk dalam kategori sedang. Peningkatan tertinggi terdapat pada indikator memberi penjelasan sederhana dan peningkatan terendah terdapat pada indikator mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEM dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpif

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is ...