Perubahan Kurikulum Merdeka adalah hasil evaluasi dari pelakasanaan Kurikulum 2013 yang digagas untuk menjawab tantangan global dan mengantisipasi perubahan paradigma di era teknologi digital, di samping juga dipicu oleh kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan terjadi krisis belajar (learning loss). PAUD adalah anak usia 2-6 tahun yang akan memasuki dunia pendidikan formal. Oleh karenanya PAUD harus mendapatkan perhatian khusus dalam proses belajarnya agar memiliki bekal yang cukup menghadapi perubahan era Merdeka Belajar, khususnya bekal kecakapan hidup (soft skill) dan local wisdom sebagai pondasi penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian kepustakaan ini dilakukan untuk menemukan landasan teoretik yang komprehensif dalam upaya pengembangan kurikulum PAUD era Merdeka Belajar. Hasil penelitian mengidentifikasi 7 materi pokok yang harus ada dalam Kurikulum PAUD sesuai karakteritik dan tujuan Kurikulum Merdeka, yaitu (1) keterampilan praktis sehari-hari, (2) keterampilan panca indera, (3) keterampilan linguistik, (4) keterampilan sosial dan kebudayaan, (5) pengetahuan agama dan budi pekerti, (6) pengetahuan etika dan moral, dan (7) pembentukan karakter Pancasila. Simpulan dari kajian dapat dinyatakan bahwa 7 materi pokok pengembangan kurikulum PAUD di era Merdeka Belajar dapat dirangkum dalam 2 muatan khusus, yaitu kecakapan hidup (soft skill) untuk pengembangan jasmani anak dan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) untuk pengembangan rohani anak.
Copyrights © 2023