Proceedings Series of Educational Studies
2023: Seminar Nasional Teknologi Pendidikan

Analisis Konsep Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Terhadap Dunia Pendidikan Ditinjau Dari Kurikulum Merdeka

Satrio Wibowo (Unknown)
Atoriq Nurriza (Unknown)
Alvandha Adindra (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah aspek yang dimana konsep dasarnya mengarah pada keadaanberfikir dalam bersikap dan lebih condong ke arah pembentukan sebuah pola fikir yang sehat. Didalam penerapannya, biasanya definisinya lebih kepada kegiatan pembelajaran yang seringdikaitkan dengan kehidupan sekolah dan kegiatan-kegiatan belajar lainnya. Di dalam tulisan KiHadjar Dewantara tentang tuangan fikirannya mengenai dunia Pendidikan di masa peralihanterdapat beberapa aspek dasar mengenai dunia Pendidikan yang harus bersifat Merdeka. Hal inidapat kita lihat dengan sistem Pendidikan kita yang sekarang yaitu penerapan kurikulum Merdeka,khususnnya pada mata Pelajaran Sejarah dalam kurikulum Merdeka. Di dalam konsep tuanganpemikiran Ki Hadjar Dewantara, terdapat beberapa persamaan dengan konsep KurikulumMerdeka. Mungkin pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan merupakan dasar ataspembentukan sistem Kurikulum Merdeka. Dilihat dari penjelasan di atas, tulisan kami akanmemaparkan beberapa pandangan dan hasil analisis dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara terhadapdunia Pendidikan dalam kurikulum Merdeka. Sehingga kami berharap tulisan kami bisa menambahwawasan dan pemahaman tentang dunia Pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...