Matematika merupakan ilmu yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik karena mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Namun dalam proses pembelajaran, peserta didik cenderung untuk tidak tertarik belajar matematika. Disamping itu juga, adanya pelabelan yang berkembang dimasyarakat bahwa matematika merupakan materi yang paling sulit untuk dipelajari menyebabkan rendahnya minat belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap penelitian-penelitian terdahulu, khususnya dalam penerapan virtual reality untuk meningkatkan berpikir kritis dan kreatif pada mata pelajaran matematika, serta menumbuhkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review, yaitu dengan melakukan telaah terhadap 20 artikel jurnal yang membahas mengenai penerapan vritual reality untuk meningkatkan berpikir kritis dan kreatif pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Virtual Reality yang diterapkan pada mata pelajaran matematika mampu meningkatkan minat belajar siswa. Penggunaan Virtual Reality banyak diterapkan untuk materi Geometri. Namun pada artikel-artikel penelitian tersebut tidak ditemukan penjelasan penerapan virtual reality untuk meningkatkan berpikir kritis dan kreatif pada pelajaran matematika. Sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penerapan virtual reality untuk meningkatkan berpikir kritis dan kreatif pada mata pelajaran matematika.
Copyrights © 2023