Pendidikan multikultural di Indonesia mengakui keberagaman budaya sekaligus memupuk rasa persatuan. Pendidikan merupakan sarana yang sangat efektif untuk menumbuhkan multikulturalisme. Pendidikan sejarah merupakan suatu konsep pendidikan yang berupaya untuk memajukan dan menumbuhkan nilai-nilai multikultural dalam masyarakat Indonesia melalui penggabungan nilai-nilai multikultural dalam pengajaran sejarah lokal, sehingga nilai multikulturalisme dapat di implementasikan pada peserta didik dari SD hingga kampus. Tujuan penelitian adalah untuk membahas pembelajaran sejarah lokal dalam bingkai multikulturalisme dengan berfokus pada penerapan nilai multikultutarisme, peran guru dalam mengimplementasi nilai multikulturalisme danĀ  pengintegrasian nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah lokal. Metode pada penelitian kualitatif pendekataan kepustakaan, data yang di peroleh bersumber dari buku, jurnal, artikel dan ensiklopedia. Temuan penelitian menunjukan bahwa pembelajaran sejarah lokal banyak memberikan peserta didik nilai-nilai multikulturalisme salah satunya yaitu saling berhargai satu sama lain walaupun berbeda budaya, ras dan agama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024