Danadyaksa Historica
Vol 4, No 1 (2024): Danadyaksa Historica

Pembelajaran Sejarah Lokal Dalam Bingkai Multikulturalisme

Lestari, Dewi (Unknown)
Bahri, Bahri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Pendidikan multikultural di Indonesia mengakui keberagaman budaya sekaligus memupuk rasa persatuan. Pendidikan merupakan sarana yang sangat efektif untuk menumbuhkan multikulturalisme. Pendidikan sejarah merupakan suatu konsep pendidikan yang berupaya untuk memajukan dan menumbuhkan nilai-nilai multikultural dalam masyarakat Indonesia melalui penggabungan nilai-nilai multikultural dalam pengajaran sejarah lokal, sehingga nilai multikulturalisme dapat di implementasikan pada peserta didik dari SD hingga kampus. Tujuan penelitian adalah untuk membahas pembelajaran sejarah lokal dalam bingkai multikulturalisme dengan berfokus pada penerapan nilai multikultutarisme, peran guru dalam mengimplementasi nilai multikulturalisme danĀ  pengintegrasian nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah lokal. Metode pada penelitian kualitatif pendekataan kepustakaan, data yang di peroleh bersumber dari buku, jurnal, artikel dan ensiklopedia. Temuan penelitian menunjukan bahwa pembelajaran sejarah lokal banyak memberikan peserta didik nilai-nilai multikulturalisme salah satunya yaitu saling berhargai satu sama lain walaupun berbeda budaya, ras dan agama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JDH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Danadyaksa historica merupakan jurnal pendidikan sejarah dan ilmu sejarah yang memiliki arti penjaga kejayaan sejarah. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menampung berbagai artikel yang berkaitan dengan pendidikan sejarah dan ilmu sejarah. Sehingga jurnal ini dapat menambah wawasan dan ...