Permasalahan dalam pembelajaran Sejarah saat ini semakin kompleks. Pembelajaran Sejarah dinilai membosankan bagi peserta didik apalagi dijam-jam siang hari. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Guru Sejarah untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapinya. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk meningkatkan motivasi Sejarah dan tradisi lokal melalui studi Sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi yang dikombinasikan dengan pendekatan kualitatif. Dalam metode deskriptif ini, peneliti berusaha untuk menelaah hasil penelitian yang telah didapatkan selama penelitian. Sumber penelitian ini adalah berupa pengamatan secara langsung dilapangan yang ditunjang dengan wawancara terbatas dengan peserta didik. Hasil kegiatan penelitian kemudian ditulis dalam kajian ilmiah yang baik. Hasil dan pembahasan adalah sistem pembelajaran Sejarah di Sekolah, yaitu dalam pembelajaran Sejarah saat ini tentunya mengikuti perkembangan kurikulum yang berlaku saat ini. Selain itu juga disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Tentunya sistem pembelajaran Sejarah harus sesuai dengan tujuan nasional. Sedangkan studi Sejarah dan tradisi lokal sebagai peningkatan motivasi belajar, yaitu Guru Sejarah dapat memanfaatkan sumber Sejarah dan tradisi lokal yang berkembang di daerahnya. Kegiatan kunjungan lapangan akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta didik. Selain itu, pemanfaatan aspek digital juga membantu Guru dalam mengajar Sejarah di kelas. Simpulannya adalah menjadi Guru Sejarah harus penuh semangat dan jangan mudah putus asa. Guru Sejarah harus memanfaatkan aspek-aspek lokal yang ada disekitarnya. Selanjutnya pergunakan digitalisasi sebagai penunjang pembelajaran Sejarah di Sekolah.
Copyrights © 2024