Naradidik: Journal of Education & Pedagogy
Vol. 3 No. 1 (2024): Naradidik: Journal of Education & Pedagogy (March 2024)

Implementasi Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Kubung Solok

Endrina, Dela Junita (Unknown)
Nora, Desri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kubung Solok. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kegiatan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif. Teori belajar kognitif adalah teori belajar yang lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan analisis kauntiatif yang mengacu pada hasil tes. Penelitian dilakukan dengan jumlah siswa 26 orang di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kubung Solok menggunakan media pembelajaran Wordwall. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi awal, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sosiologi melalui penggunaan media pembelajaran Wordwall. Diketahui bahwa persentase ketuntasan siswa pra tindakan berjumlah 23% meningkat sebesar 19,30% menjadi 42,30% pada siklus I. Pada siklus II meningkat sebesar 30,70% menjadi 73%. Dari data hasil belajar tersebut menunjukkan persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan sehingga dikategorikan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nara

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Naradidik: Journal of Education & Pedagogy (ISSN 2827-864X) is a scientific journal managed by the Department of Sociology Laboratories, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Padang. This journal facilitates publications for research related to the discussion of the structure and dynamics ...