Jurnal Public Administration, Business, and Rural Development Planning
Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Public Administration, Business and Rural Development Planning

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GELAMAI ERINA DI KELURAHAN PARIK RANTANG KOTA PAYAKUMBUH

Nur Israwati (STIA LPPN PADANG)
Yenni Jufri (STIA LPPN PADANG)
Donna Ikranova Febrina (STIA LPPN PADANG)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada pemasaran Gelamai Erina di Payakumbu. Metode analisis data yang digunakan yaitu, metode penelitian kualitatif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis matrik SWOT didapatkan beberapa strategi yang dapat dijadikan acuan dalam memperbaiki pemasaran pada Gelamai Erina. Adapun strategi tersebut: 1). Strategi S-O (strenghts-opportunities) mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, menjalin kerjasama dengan agen distributor, dan memanfaatkan lokasi yang strategis, 2). Strategi S-T (strenghts-treathts) menciptakan suatu inovasi paroduk yang baru dengan menciptakan suatu kreasi bentuk dan cita rasa baru dengan tetap mempertahankan ciri khas dari rasa gelamai sendiri, 3). Strategi W-O (weaknesses-opportunities) menjalakan sistem manajemen organisasi internal perusahaan, memperluas jaringan pasar ke luar sumbar dan menggunakan iklan dalama sistem penjualan, 4). Strategi W-T (weaknesses-treathts) meningkatkan kegiatan promosi dan membangun dan mengembangkan usaha patungan dengan pihak yang menyediakan modal dan bahan baku untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memenuhi kebutuhan modal yang masih minim. Dari kesimpulan dapat disarankan hal berikut: 1). Membuat kas perusahaan dan menjalin kerjasama dengan investor, 2). Mengembangkan saluran pemasaran ke supermarket dan membuka cabang di berbagai tempat wilayah Sumatra Barat, 3). Mempertahankan strategi pemasaran yang sudah ditetapkan dan menambah strategi pemasaran baru

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Fokus masalah utama dalam pengembangan ilmu administrasi publik dan bidang administrasi bisnis Ruang lingkup jurnal ini adalah, Pengembangan Ekonomi, Kebijakan Publik, Perencanaan Pembangunan, Keuangan Sektor Publik, Manajemen Layanan, Organisasi Publik, Pengembangan Sumberdaya Manusia, ...