Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME ETNIS DAN AGAMA PADA MATERI-MATERI DALAM BUKU TEKS SEJARAH SMA TERBUKA KELAS X DAN XI

Hotimah, Iis Husnul (Unknown)
Yunus, Rermiyati (Unknown)
Fitroh, Ismaul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Tulisan ini menyoroti bagaimana nilai-nilai multikulturalisme etnis dan agama tergambarkan dengan baik dalam buku teks sejarah SMA. Hal ini menjadi penting untuk dianalisis karena pendidikan harus merepresentasikan budaya peserta didik khususnya dalam pembelajaran sejarah. Selain dalam pembelajaran, multikulturalisme etnis dan budaya juga harus tergambar dengan baik dalam sumber bacaan dan belajar siswa yaitu buku teks. Metode yang digunakan dalam tulisan ini ialah analisis konten dengan indikator yang sudah dikembangkan oleh penulis berdasarkan pada aturan penulisan buku teks menurut beberapa ahli. Selain itu indikator mengenai multikulturalisme juga dikembangkan berdasarkan teori dari beberapa ahli. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak semua tema dalam buku teks mengandung nilai-nilai atau unsur multikulturalisme etnis dan agama. Selain itu pada buku teks yang dianalisis tidak terdapat nilai-nilai multikulturalisme dari tokoh-tokoh sejarah. Nilai-nilai multikulturalisme seperti salah satunya toleransi sudah seharusnya tergambar dengan jelas dalam buku teks dan dalam pembelajaran sejarah, karena peserta didik hidup dilingkungan yang secara etnis maupun agama beragam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...